Masyarakat Kore sejak dari leluhur mereka mengenal kegiatan merlaut hingga sekarang masih ulet dan terkenal akan dan hasil laut yang melimpah ruah yang menjadi andalan mata pencaharian mereka, Kore nama ibu kota dari Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima. salah satu ciri yang paling dikenal oleh masyarakat lain dari kore yaitu “Puru Pela Kore” yaitu daging rusa yang dikeringkan kemudian di tumis, dan yang kedua “Baga Kore” sebuah kapal kayu untuk menangkap ikan.

Pada umumnya kapal-kapal Baga ini merupakan salah satu kekayaan local merupakan ciri khas dari semua kapal penangkap ikan di wilayah Bima, dan yang lebih menonjol untuk banyaknya kapal Baga ini yaitu Sape, Karumbu dan Kore. Biasanya kapal Baga di operasikan pada saat malam hari dimana semua tiang kapal di pasang lampu untuk menarik perhatian ikan-ikan, dan di bawah lampu itu di julurkan jaring untuk menangkap ikan yang berkumpul di bawah lampu Baga.

Ada musim tertentu untuk menangkap jenis ikan, biasanya musim cumi pada saat pertengahan tahun antara Juli hingga oktober, untuk musim sekarang bulan maret hingga Juni jenis ikan teri paling banyak. Biasanya ikan teri ini akan di olah menjadi ikan asin kering yang disebut Keramba, dimana ikan teri di jemur selama satu hingga dua hari.

Keramba (ikan teri asin) di bagi dalam dua jenis yang paling di incar oleh pasar dan konsumen seperti yang dijelaskan oleh salah satu istri nelayan pada tim Exbi di Kore (23/3/2015) dua jenis yaitu Karamba Serpi dan Karamba Tara Suku. Biasanya Serpi oleh para nelayan di hargai 50 ribu per ember, sedangkan Karamba Tara Suku di bandrol dengan harga mulai dari 60 hingga 90 ribu rupiah per-embernya.

Paling nikmat dan lezat menikmati Karamba di tumis dengan tomat, bawang, cabe, dan kecap memberikan aroma tersendiri. Dan yang paling khas untuk menikmati Karamba yaitu dimana di campur dengan air asam atau disebut Oi Mangge yang dimana bahannya terbuat dari Karamba yang di goring biasan kemudian perasan dari buah asam di campur bawang mentah, cabe, dan daun ke manggi. Di tambah nasi putih hangat akan melengkapi hidangan tersebut menjadi nikmat.


0 comments Blogger 0 Facebook

Post a Comment

 
Mbojoklopedia © 2013. All Rights Reserved. Powered by Jelajah Bima
Top