Beberapa masjid tersebar di berbagai belahan tanah Bima ini. Di antara semuanya, Masjid Kalodu di Karumbu menjadi yang tertua. La Ka`i (Sultan Abdul Kahir) meletakkan batu pertama pada abad ke-17 masehi. Masjid Kalodu masih berdiri kokoh sampai sekarang.
Masjid kalodu memang punya sejarah panjang sejak zaman masuknya Islam di tanah Bima, namun ada dua pendapat masjid pertama dalam sejarah Islam di Bima yaitu Langgar Kuno Melayu yang di percaya di bangun tahun 1604 M.

Jika berkunjung ke Kalodu, cobalah bertolak ke arah gerbang barat sekitar 5 meter dari Masjid Kalodu. Tak banyak wisatawan yang sadar, mereka dapat melihat pohon hujan
Inilah Masjid Kalodu, yang pembangunannya rampung pada tahun 1620 masehi, yang dibangun oleh Sultan pertama Bima bersama empat mubaligh dari sulawesi, yang datang untuk menyiarkan agama Islam.

Karena usia yang sudah uzur, masjid ini dibangun ulang tahun 2001. Pada 2005, Masjid Kaodua kembali dipugar dan diperbesar. Pemerintah setempat memugar untuk membangun kembali masjid tertua di Bima ini.

Selain area untuk salat, terdapat pula tempat untuk rehat dan beristirahat. Wisatawan tak perlu kuatir kalau pergi ke sini, mata akan di manjakan oleh pemandangan alam yang sangat indah.(FN)
Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

0 comments Blogger 0 Facebook

Post a Comment

 
Mbojoklopedia © 2013. All Rights Reserved. Powered by Jelajah Bima
Top