ADS

Sejak abad 14 yang lalu hingga sekarang Teluk Bima sudah menjadi pusat perekonomian, ibarat kata Teluk Bima adalah jantung kehidupan masyarakat. Bagaimana tidak seluruh suplai Sandang, Pangan dan Papan semua melalui Teluk Bima. Dimana kapal-kapal dagang silih berganti datang untuk berdagang di teluk sebelum kendaraan darat ada.

Teluk Bima pada dekade Kerajaan hingga Kesultanan semakin berjaya dengan jalur perdangangan lautnya, di mulai dari catatan seorang pelaut asal Portugis Tome Pires yang mengunjungi Bima pada tahun 1513 Masehi, mencatat saat itu pelabuhan Bima sudah ramai. Kemudian tahun 1821 seorang Botani asal Jerman yang bernama C.G.J Reinwardt datang ke Bima melalui jalur laut, saat dia tiba di Teluk Bima aktifitas perdagangan juga banyak terlihat. Hal itupun juga dikatakan oleh Heinrich Zollinger saat kedatangannya di Bima pada tahun 1847 Masehi.

Sket suasana Teluk Bima di gambar oleh A.J Bik juru gambar pribadi C.G.J Reinwardt tahun 1821.
(Koleksi buku Reinwardt)
Teluk Bima bernama asli Oi Ule yang sudah tercatat dalam catatan Kerajaan Bima tahun 1673 Masehi, dimana Sultan Bima Abdul Khair Sirajuddin melakukan perjanjian Oi Ule dengan rakyat Bima. Di bawah ini simak beberapa foto Teluk Bima dari tahun ke tahun :

Kapal Ekpedisi Siboga di Teluk Bima pada tahun 1899, di foto oleh Max Wilhem Carl Weber
(Koleksi Universitas Amsterdam)
Kapal Bonteku di Teluk bima tahun 1923, Author tidak diketahui.
(Koleksi Fotoloren)
Pesawat Amfibi angkatan laut Belanda saat mendarat di Teluk bima tahun 1925, Author tidak di ketahui. (Koleksi Tropen Museum)
Kapal berlabuh di Teluk Bima tahun 1930.
(Koleksi Tropen Museum)
Nelayan dengan jaring angkat mereka di pinggir pantai Teluk Bima, Maret 1949. Foto oleh C.J Taillie. (Koleksi Tropen Museum)


Pelabuhan Bima view dari atas kapal Kelimutu, 18 Agustus 1989. (Koleksi Gothphill)

Teluk Bima tahun 1993, di foto oleh Ole Holbech. (Koleksi Viewphotos.org)
Teluk Bima 18 Februari 2013 (Koleksi Mbojoklopedia.com)

Teluk Bima 15 Maret 2015 (Koleksi Mbojoklopedia.com)


1 comments Blogger 1 Facebook

  1. Syubhanallah, gambar-gambar ini sangat menakjubkan,Bima yang sangat anggun dan maha indah.

    BalasHapus

 
Mbojoklopedia © 2013. All Rights Reserved. Powered by Jelajah Bima
Top