Berbagai potensi wisata alam di Bima tidak kalah saing dengan daerah-daerah lainnya, alam di Bima mempunyai keaneka ragam dan keunikan masing-masing, seperti Kanduru, Pulau Ular dan Padende, dalam ulasan kali ini untuk membahas jalur tracking gunung yang sangat mengasyikkan yaitu Oi Sariwu Tuda Ncua yang terletak di Desa Pela kecamatan Monta, Kabupaten Bima.

 Nama tempatnya yaitu Tuda Ncua, di juluki Oi Sariwu yang artinya air seribu, dimana tempat ini banyak cabang  air yang turun dari atas mata air, Tuda Ncua ini berbentuk sungai yang berbatu. Untuk perjalanan ke Oi Sariwu Tuda Ncua dari desa lama perjalanan akan memakan waktu 1 jam lebih. Bagi anda yang pertama kali akan ke Oi Sariwu Tuda Ncua, dari desa Pela terlebih dahulu pergi mencari seorang guide yang kenal baik jalurnya yang bernama Hen, dia akan menjelaskan berbagai keunikan dan sejarah Tuda Ncua tersebut, posisi rumahnya terletak di samping utara lapangan desa Pela.

Ada dua pilihan untuk menuju ke Tuda Ncua memakai motor atau jalan kaki, pilihan pertama jika memakai motor anda akan menyimpan motor di areal kebun orang jadi untuk keamanan lebih baik anda kunci cakram dan kunci stir motor anda supaya keamanan terjaga. Dan pilihan yang kedua Jika anda menyimpannya di rumah Hen dan berjalan kaki menuju Tuda Ncua itu akan lebih menarik bagi anda yang suka tracking mengikuti jalan setapak.

Dari bawah hingga ke atas jalurnya sangat menantang nyali anda untuk di taklukkan, kita tidak akan bosan saat mendaki jalur tersebut karena keindahan-keindahan di tempat tersebut akan di jumpai sepanjang jalan dan juga ada beberapa air tejun yang akan kita jumpai mulai dari yang kecil hingga yang tinggi 20 meter.

Air terjun pertama yang akan kita jumpai setinggi 7 meter, di sini kita bisa beristirahat sejenak sambil menikmati suara burung yang berkicau dan udara pegunungan yang sejuk. Kita tidak akan terasa lelah dengan Indahnya suasana Tuda Ncua, berbagai macam bentuk batu akan menarik perhatian anda.

Kemudia di atasnya air terjun pertama aka nada lagi air terjun kedua yang tingginya kurang lebih hanya 8 meter, spot di air terjun kedua ini tidak kalah indahnya dengan air terjun yang pertama. Dari air terjun kedua ini di atasnya kira-kira 4 meter kita akan menjumpai air terjun mini yang serasa seperti di dalam film Lord Of The Ring.

Setelah melanjutklan perjalanan untuk mencapai puncak, tiba di atas air terjun terakhir di atas sana view pemandangan yang sangat indah akan semakin mengobati lelah anda. Sejuknya udara pegunungan diatas akan membuat perjalanan petualangan alam anda ke Oi Sariwu Tuda Ncua sangat berkesan.


0 comments Blogger 0 Facebook

Post a Comment

 
Mbojoklopedia © 2013. All Rights Reserved. Powered by Jelajah Bima
Top